Traveling Pakai Mobil di Musim Hujan, Begini Wiper Sangat Diandalkan

TEMPO.CO, Jakarta -Tengah berlibur alias traveling menggunakan mobil di saat musim basah seperti sekarang? Peranti ini krusial ketika guyuran air dari langit datang.

Wiper mobil kerap dioperasikan untuk menyeka air, khususnya ketika sedang musim hujan.

Selain menyeka air, wiper mobil juga berfungsi untuk menghalau kotoran-kotoran yang terdapat di mobil, terutama bagian depan agar jarak pandang pengemudi tidak terganggu.

Nah, bisa dibayangkan bagaimana jadinya saat hujan deras mengguyur dan karet wiper tidak bekerja maksimal.

Selain wiper bagian depan, komponen yang cukup penting bagi pengendara ini juga terdapat pada bagian belakang kaca mobil. Komponen ini tidak kalah pentingnya dengan wiper bagian belakang.

Pasalnya, para pengendara acap kali memanfaatkan kaca spion untuk melihat kondisi belakang mobil, khususnya ketika kondisi hujan maupun berkabut. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kondisi belakang mobil agar dapat melakukan pengereman tepat waktu.

Dilihat dari kasus tersebut, begitulah cara wiper belakang bekerja. Penting untuk memastikan wiper bagian belakang dapat berfungsi dengan maksimal agar tidak terjadi insiden-insiden yang tidak diinginkan seperti, kecelakaan—terutama ketika musim penghujan tiba.

Penting untuk merawat karet waper agar tidak mengalami getas. cara sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat karet wiper agar tidak mudah getas bisa dioles dengan lilin. Lilin, menurut dia, mampu memperpanjang umur karet wiper dan membuatnya lebih lentur (elastis) saat menyapu permukaan kaca mobil.

Cara sederhana lainnya agar karet wiper tak mudah mengeras adalah dengan merenggangkan wiper dari kaca saat mobil diparkir di tempat terbuka, tepat di bawah terik matahari. Panas sinar matahari akan membuat permukaan kaca panas dan karet wiper yang menempel di kaca menjadi melar atau mengeras di saat temparatur telah turun.

Selain wiper, ada juga komponen yang disebut dengan washer. Komponen ini juga membantu kinerja dari wiper sebab, washer akan menyemprotkan atau mengeluarkan cairan pembersih pada kaca mobil.

Hal tersebut berguna untuk membantu wiper dalam membersihkan kotoran yang menempel pada mobil. Lebih lanjut, tidak semua kotoran yang menempel di mobil mampu dibersihkan oleh wiper. Maka wiper tak boleh dilupakan saat traveling selama musim ini masih berlangsung.

GERIN RIO PRANATABaca : Balita Tantrum Saat Traveling? Begini Cara Menenangkannya

Tinggalkan Balasan