Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Tim ITB Juara Lomba Kosmetik Herbal, Telegram

Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang tim mahasiswi Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat formula perawatan kulit herbal untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Racikannya meraih juara pertama pada kategori lomba Herbal Cosmetic Competition 2021 baru-baru ini. Produknya akan dikembangkan untuk sasaran konsumen anak muda.

Berita terpopuler selanjutnya tentang saat ini Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan yang banyak dipakai oleh banyak orang selain WhatsApp. Telegram menawarkan banyak fitur menarik yang tidak disediakan oleh WhatsApp, salah satunya adalah fitur Channel. Namun, sudah tahukah Anda cara menghapus akun Telegram yang Anda miliki?

Selain itu, pelopor dunia peranggrekan di Kalimantan Selatan Ferry F. Hoesain terus berupaya menyelamatkan anggrek Meratus dari ancaman kepunahan akibat alih fungsi lahan di kawasan hutan provinsi itu.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. Formula Perawatan Kulit Tim ITB Juara Pertama Lomba Kosmetik Herbal

Tim mahasiswi Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat formula perawatan kulit herbal untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Racikannya meraih juara pertama pada kategori lomba Herbal Cosmetic Competition 2021 baru-baru ini. Produknya akan dikembangkan untuk sasaran konsumen anak muda.

Formula kosmetik herbal itu itu disiapkan Chelzsya Athaayaa Nurman, Rahmaditha Maharani, dan Shafanisa Fadhila Andika. Mereka mengirimkannya ke panitia lomba pada pertengahan 2021 dan pengumuman juaranya pada November lalu. Lomba itu gelaran Badan Eksekutif Mahasiswa Farmasi Universitas Sanata Dharma yang bertajuk Science Competition (SICON) 2021.

Trio mahasiswi program studi Sains dan Teknologi Farmasi ITB angkatan 2019 itu menamakan produknya Blissque, berupa serum gel dalam botol kecil ukuran 20 mililiter. “Itu serum mikroemulsi untuk kulit berjerawat,” kata Chelzsya kepada Tempo, Sabtu, 25 Desember 2021.

Kandungan kosmetik herbal itu yang bernilai jual adalah minyak tamanu dan Sunset in Jeju Oil yang dicampur dengan bahan lain seperti rose water, dan peppermint oil. Proses pembuatannya, kata Chelzsya, berlangsung di sebuah pabrik di Depok milik pamannya. “Dibantu ngebuatnya tapi formulanya dari kita,” ujar Chelzsya. Selain itu mereka berpatungan untuk membiayai kepesertaan lomba.

2. Cara Menghapus Akun Telegram

Saat ini Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan yang banyak dipakai oleh banyak orang selain WhatsApp. Telegram menawarkan banyak fitur menarik yang tidak disediakan oleh WhatsApp, salah satunya adalah fitur Channel.

Namun, sudah tahukah Anda cara menghapus akun Telegram yang Anda miliki?

Sebelumnya, Anda harus mengetahui bahwa Anda tak bisa menghapus akaun Telegram secara sementara, tetapi Anda bisa mendiamkan akun Anda sampai berstatus nonaktif.

Menurut kebijakan Telegram, akun yang tidak aktif selama enam bulan akan dihapus secara otomatis oleh pihak Telegram. Namun, jika Anda ingin menghapusnya segera, anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini.

3. Menyelamatkan Anggrek Meratus dari Ancaman Kepunahan di Habitatnya

Pelopor dunia peranggrekan di Kalimantan Selatan Ferry F. Hoesain terus berupaya menyelamatkan anggrek Meratus dari ancaman kepunahan akibat alih fungsi lahan di kawasan hutan provinsi itu.

“Banyak hutan alam sebagai habitat anggrek terdegradasi, keberadaan anggrek Meratus harus kita selamatkan,” kata dia di Banjarmasin, Sabtu, 25 Desember 2021.

Ferry terus melakukan ekspedisi menjelajahi hutan Meratus untuk melakukan observasi keragaman anggrek spesies pegunungan Meratus yang membentang di delapan kabupaten di Kalimantan Selatan. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Tinggalkan Balasan