Sri Jago Asoka Rama, Bocah Bandung Berusia 5 Tahun Gelar Pameran Tunggal Gambar

Seorang bocah berusia 5 tahun, Sri Jago Asoka Rama, menggelar pameran tunggal gambar dan lukisan di gedung Bandung Creative Hub mulai 11 – 24 Desember 2021. Pajangan karyanya diberi judul Gambar untuk Mama. Gambar atau drawing Jago dinilai lebih istimewa dibandingkan lukisannya.

Menurut keterangan orang tuanya, selama setahun antara 2020 – 2021, Jago telah membuat 400 lebih karya lukis dan gambar. “Saat disodori ratusan karya gambarnya saya sempat bingung untuk memilih dan memilah,” kata kurator pameran Isa Perkasa, Selasa, 7 Desember 2021. Gambar-gambar buatan Jago menggunakan pensil warna, spidol, juga cat akrilik yang menghiasi kanvasnya.

Isa mengatakan, produktivitas Jago di rumah selama pandemi Covid-19 itu seperti mesin gambar. Karyanya pun dinilai masih, belum tersentuh campur tangan guru atau yang mengajari gambar. Isa menilai gambar Jago memiliki keistimewaan tersendiri dibanding karya lukisannya. “Dalam drawing sangat terasa detailnya,” kata dia.

Obyek gambar seperti mobil, helikopter, tank, kapal laut, seperti yang dilihat Jago dari lingkungan sekitar dan pengaruh game pada gawai yang disukainya juga. “Dengan warna-warni dia mampu memberikan imajinasi baru,” ujar Isa. Inspirasi lain gambarnya dari tontonan film kartun di televisi.

Gambar Jago juga mengeluarkan ingatannya pada akuarium, pertunjukan tari, memasak, bermain, dan lain-lain. Pada beberapa gambar buatan Jago, Isa melihat ciri khas karya anak-anak seperti gambar tembus pandang. “Jago banyak menggambar manusia di dalam mobil, helikopter, dan tank yang terlihat dari luar,” kata Isa.

Perupa lulusan Institut Teknologi Bandung itu mengaku terinspirasi oleh semangat Jago yang tinggi dalam berkarya. Dia berharap kreativitas Jago nantinya berhenti di tengah jalan. “Harus terus ditangani oleh seniman kreatif supaya bakatnya ini bisa tetap melekat sebagai anugerah Jago.”

ANWAR SISWADI

Tinggalkan Balasan