Pengertian dan Karakteristik Reksadana

Mungkin beberapa dari Anda yang saat ini tengah berkecimpung di dalam dunia finansial, salah satu instrumen investasi reksadana merupakan instrumen yang sudah tak asing lagi. Tapi untuk beberapa orang, Reksadana Ini adalah sebuah hal yang terbilang baru.

Oleh karena itulah, bagi Anda yang masih pemula di dalam dunia investasi, maka perlu mengetahui apa itu Reksadana serta bagaimana cara kerja reksadana itu sendiri.

Apa itu Reksadana?

 

Reksadana merupakan sebuah pola pengelolaan dan wadah dana maupun modal bagi para sekumpulan investor yang di sini ingin melakukan investasi di dalam instrumen yang sudah tersedia di pasar modal dengan cara mereka membeli unit pernyataan reksadana.

Dana tersebut juga nantinya akan dikelola oleh seorang manajer investasi untuk kemudian diinvestasikan dalam portofolio investasi, seperti aplikasi pasar uang saham dan lain-lain. Reksadana juga mempunyai cara bagi siapapun yang ingin melakukan diversifikasi investasi dengan memecahnya pada beberapa instrumen.

Seperti contohnya untuk Reksadana Saham, dana yang terkumpul dipakai guna membeli saham beberapa perusahaan dan tak hanya berfokus pada satu perusahaan saja. Sehingga dengan begitu akan berbanding dengan hasil yang akan Anda diterima.

Karena jika terjadi nilai penurunan saham di satu perusahaan, setidaknya tidak semua investasi Anda mengalami kerugian. Reksadana ini merupakan investasi yang memang terbilang cukup praktis dan mudah untuk Anda lakukan.

Seperti yang telah di singgung di atas, resiko investasi ini memang relatif. Reksadana juga bisa Anda beli di lembaga pengelolaan atau penerbit produk reksadana. Atau Anda juga bisa melalui manajer investasi dan bank yang mana di sini telah bekerjasama dengan manajer investasi.

Saat ini telah banyak bank yang sudah mempunyai izin sebagai agen untuk menjual reksadana. Sehingga mereka yang ingin melakukan kegiatan investasi reksadana bisa memakai bank supaya lebih aman dan mudah. Untuk itu Anda yang ingin melakukan kegiatan investasi reksadana perlu untuk memahami lebih dahulu bagaimana cara kerja dari investasi tersebut.

  • Seorang manajer investasi akan melakukan pengumpulan dana dari para nasabah atau investor.
  • Dana yang telah terkumpul di sini nantinya akan diinvestasikan pada beberapa instrumen investasi yang telah disepakati dengan para nasabah.
  • Nasabah menerima informasi dari seorang manajer investasi mengenai dana yang diinvestasikan dengan cara berkala. Informasi yang diberikan tersebut berisi seputar kinerja dari produk, komposisi aset serta portofolio effect.
  • Manager investasi akan memotong biaya operasional yaitu berupa expense ratio yang nantinya akan dibebankan pada nasabah.
  • Reksadana di sini memiliki beberapa karakteristik antara lain yaitu:
  • Reksadana merupakan perusahaan untuk manajemen aset.
  • Tidak ada asuransi ataupun biaya lain yang bisa menanggung resiko investasi tersebut.
  • Reksadana biasanya dijual oleh seorang agen penjual Reksadana, baik itu melalui perusahaan sekuritas ataupun perbankan.
  • Biaya untuk pembelian yaitu 0% hingga 2% dari nilai reksadana.
  • Tak ada biaya administrasi.
  • Untuk biaya penjualan yaitu sebesar 0% hingga 2% dari nilai Reksadana di tahun pertama.
  • Alokasi dana setoran tahun pertama yaitu sebesar 98% hingga 100%.
  • Memakai satu harga.
  • Umumnya penjualan memperlihatkan prospektur serta pengisian profil risiko.
  • Investor Reksadana umumnya merupakan sebuah institusi serta ritel.

Berikut ini adalah beberapa jenis reksadana yang penting untuk Anda ketahui.

Reksadana Pendapatan Tetap

Produk investasi untuk Reksadana pendapatan tetap yaitu 8% berupa aplikasi atau Uangk berbasis utang. Di dalam Reksadana ini akan diberikan imbal hasil yang stabil.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang menginvestasikan dana yang terkumpul untuk produk instrumen pasar uang. Seperti contohnya sertifikat Bank Indonesia, obligasi, deposito berjangka dan lain-lain.

Reksadana Saham

Sesuai dengan namanya, dana yang terkumpul di dalam Reksadana saham akan dipakai untuk melakukan pembelian saham yang tercatat di perusahaan efek Indonesia.

Reksadana Obligasi

Di dalam Reksadana obligasi dilakukan pembelian produk surat berharga dalam bentuk surat utang ataupun obligasi.

Bagi Anda yang ingin membantu dalam pengembangan usaha kecil serta menengah di Indonesia, maka Anda bisa melakukan investasi di P2P lending Indonesia. Investasi jangka pendek ini menawarkan bunga mencapai 12% per tahun. Dan Anda bisa memulai kegiatan investasi hanya dengan Rp 100.000 saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan