Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS Raih Lima Bintang dalam Tes Kecelakaan NCAP

Mobil listrik Mercedes-Benz EQS berhasil meraih lima bintang secara keseluruhan dalam tes kecelakaan Euro NCAP. Sedan listrik ini mencetak 96 persen dalam perlindungan penumpang dewasa dan 91 persen untuk perlindungan penumpang anak kecil. Jumlah itu merupakan nilai tertinggi tahun ini di antara mobil-mobil lain.

Melansir laman Hindustan Times hari ini, Selasa, 21 Desember 2021, Mercedes-Benz EQS yang memiliki bobot 2.480 kg juga mencatatkan nilai 76 persen dalam kategori Vulnerable Road Users dan nilai 80 persen dalam kategori Safety Assist.

Namun dalam video yang diunggah Euro NCAP, ternyata mobil listrik ini tidak dapat lulus semua tes bantuan keselamatan sepenuhnya. Pada kesempatan tersebut, Mercedes-Benz EQS tidak mampu mendapatkan hasil maksimal saat menabrak rintangan pejalan kaki atau mobil.

Sedan listrik yang diluncurkan pada awal tahun ini sudah dibekali sejumlah fitur keselamatan. Misalnya airbag yang terletak di bagian depan untuk penumpang depan dan pengemudi, kemudian juga ada di sisi samping penumpang belakang untuk perlindungan jika terjadi tabrakan dari samping.

Mercedes-Benz juga telah meningkatkan fungsi Car-to-X pada mobil listrik EQS untuk memberikan keselamatan tambahan pada pengemudi dan penumpang. Fitur ini akan mendeteksi lubang dan gundukan pada jalanan secara cepat dan akan memberikan peringatan kepada pengemudi.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES

Tinggalkan Balasan