Menyimak Beragam Manfaat Hormon Estrogen

Di dalam tubuh manusia, terdapat cukup banyak jenis hormon yang berpengaruh pada kondisi kesehatan secara umum. Salah satu hormon yang ada di dalam tubuh manusia tersebut adalah hormon estrogen. Anda tentu sudah pernah mendengar tentang jenis hormon yang satu ini, bukan?

Pada wanita, hormon estrogen kerap dihubungkan dengan masalah kehamilan. Hal ini dikarenakan hormon ini akan membantu menjaga kondisi sistem reproduksi, terutama di masa kehamilan dan menyusui.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal penting terkait hormon estrogen. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Hormon Estrogen

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan hormon estrogen tersebut?

Dalam pengertian singkat, estrogen merupakan sekelompok hormon yang memiliki peran penting terkait kondisi kesehatan seksual serta reproduksi pada wanita. Selain itu, hormon ini juga dikenal sebagai salah satu hormon penting yang akan mengatur aktivitas seksual. 

Lantas, bagaimana tubuh bisa memproduksi hormon estrogen ini?

Terkait produksi hormon estrogen, ovarium pada wanita akan dibantu oleh kelenjar adrenal dan sel lemak lainnya untuk memproduksi hormon estrogen. Tentu, tingkat produksi hormon estrogen ini berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatan wanita.

Manfaat Hormon Estrogen

Perlu diketahui bahwa adanya hormon estrogen di dalam tubuh wanita memiliki fungsi dan manfaat yang cukup penting. Adapun beragam manfaat yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Mengurangi gejala menopause

Salah satu manfaat dari hormon estrogen adalah untuk mengurangi gejala menopause. Perlu diketahui bahwa produksi hormon estrogen cenderung akan menurun seiring dengan pertambahan usia. 

Nah, ketika wanita memasuki masa menopause, maka produksi hormon estrogen pun juga akan menurun. Hanya saja, hormon ini akan mengurangi gejala menopause sehingga wanita tetap akan merasa nyaman.

Adapun gejala yang seringkali muncul ketika menopause adalah:

  • Kulit memerah
  • Vagina yang cenderung kering
  • Meriang terutama di malam hari
  • Susah tidur
  • Dan lainnya 

Jika produksi hormon estrogen cenderung sangat minim, biasanya dokter akan memberikan resep obat yang mengandung hormon estrogen untuk mengurangi gejala yang muncul. 

  • Menjaga kesehatan tulang

Manfaat lain dari hormon estrogen adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Bagaimana caranya? 

Para pakar mengatakan bahwa hormon estrogen yang ada di dalam tubuh akan memberikan proteksi pada kalsium agar terserap lebih sempurna. Dengan demikian, kepadatan tulang akan cenderung terjaga dan risiko osteoporosis akan cenderung minimal. Manfaat hormon estrogen ini bisa didapatkan baik oleh wanita dan juga pria.

  • Menjaga kesehatan vagina

Satu lagi manfaat penting hormon estrogen terutama bagi wanita adalah menjaga kesehatan vagina. Pasalnya, dengan adanya hormon ini, maka kondisi jaringan, lapisan dan juga keseimbangan pH vagina akan cenderung lebih terjaga.

Bisa dikatakan jika hormon estrogen memiliki peran penting terkait kesehatan. Demikian beberapa ulasan tentang hormon estrogen dan manfaatnya. Semoga membantu.

 

Tinggalkan Balasan