Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Jadwal Pertunjukan Ramayana Ballet di Prambanan

Pengelola Candi Prambanan menggelar dua pertunjukan selama libur Natal dan tahun baru. Pertunjukan itu adalah Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet dan The Legend of Roro Jonggrang.

General Manager Teater Pentas Ramayana Candi Prambanan, Chrisnamurti Adiningrum mengatakan, pertunjukan kolosal nan menawan di Candi Prambanan tersebut berlangsung mulai 24 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Rinciannya,Ramayana Ballet Prambanan pada 25, 28, 30 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Sedangkan The Legend of Roro Jonggrang pada 24, 26, 27, 29 dan 31 Desember 2021.

“Semua pertunjukan mulai pukul 19.30 WIB,” kata Chrisnamurti pada Sabtu, 18 Desember 2021. Meski sama-sama berbasis pertunjukan tari, ada perbedaan antara Ramayana Ballet dengan The Legend of Roro Jonggrang. Sendratari Ramayana yang telah dipentaskan sejak 1961, berkisah tentang percintaan Rama dan Shinta yang dibawakan dengan langgam tari klasik bergaya campuran Yogyakarta dan Surakarta, serta diiringi gamelan jawa yang dibawakan secara live show.

Adapun The Legend of Roro Jonggrang mengangkat kisah cinta Roro Jonggrang dengan Bandung Bandowoso sebagai latar legenda pembangunan Candi Prambanan. Pertunjukan kontemporer ini memadukan tari klasik yang kolosal serta penampilan gaya tari modern. Demikian pula tata musik pengiringnya yang menyesuaikan dengan gerakan tari serta didukung dengan pencahayaan dan audiovisual.

Sebelum menonton pertunjukan tersebut, wisatawan dapat bersantai menikmati hidangan di Rama Shinta Resto sambil menyaksikan keindahan pemandangan Candi Prambanan. Wisatawan yang berminat datang ke Candi Prambanan dan menyaksikan pertunjukan ini mesti membeli tiket dulu.

Ada beberapa kategori tiket pertunjukan Ramayana Ballet. Harga tiket untuk pelajar domestik sebesar Rp 50 ribu, Kelas II Rp 150 ribu, Kelas I Rp 200 ribu, dan Kelas Khusus Rp 300 ribu. Adapun harga tiket pertunjukan Legenda Roro Jonggrang mulai Rp 50 sampai 250 ribu. Pemesanan tiket sudah buka mulai pekan ini.

Pertunjukan Ramayana Ballet dengan The Legend of Roro Jonggrang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Wisatawan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan mematuhi pembatasan jumlah penonton.

Tinggalkan Balasan