Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Probiotik Seperti Yakult?

TEMPO.CO, Jakarta -Manfaat Yakult bagi ibu hamil sangat banyak, mengingat Yakult merupakan produk olahan susu yang difermentasi kaya akan probiotik.

Mengutip dari laman yakult.co.id, menyebutkan bahwa Yakult dan Yakult Light adalah minuman susu fermentasi probiotik yang mengandung probiotik eksklusif Lactobacillus casei strain Shirota (LcS).

Menurut Jurnal Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta menyebutkan probiotik adalah suatu mikroorganisme hidup yang ber manfaat bagi kesehatan inang (baik itu hewan maupun manusia).

Organisme baik seperti Lactobacillus casei strain Shirota (LcS) bekerja dengan menguraikan rantai panjang karbohidrat, protein dan lemak. Kemampuan ini diperoleh karena adanya enzim- enzim khusus yang dimiliki oleh mikroorganisme untuk memecah ikatan.

Jika dikonsumsi ibu hamil, mikroorganisme bakal bekerja di sistem pencernaan, probiotik membantu keseimbangan sistem pencernaan di beberapa penelitian menyebutkan probiotik berperan mengurangi keberadaan bakteri jahat.

Berikut ini manfaat probiotik seperti yang dikutip dari laman ncbi.nlm.nih.gov menjelaskan probiotik membantu kondisi diare infeksi, diare terkait antibiotik, sindrom iritasi usus, penyakit radang usus, vaginosis bakterial, eksim hingga dermatitis atopik anak berkurang.

Pada hal lain diaebutkan dalam studi oleh Natural Medicine Journal melaporkan penggunaan probiotik mengurangi kemungkinan mengalami diabetes mellitus gestasional.

TIKA AYUBaca : Khasiat Kurma: Intip Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan