Banyak Diadopsi Artis, Apa Sebenarnya Boneka Arwah Itu?

Boneka arwah atau spirit doll belakangan ini menjelma menjadi fenomena viral di media sosial. Spirit doll viral setelah beberapa selebriti tersohor, seperti Ruben Onsu dan Ivan Gunawan mulai mengadopsinya. Selain diadopsi oleh para selebriti, spirit doll juga dibandrol dengan nominal yang fantastis di berbagai situs penjualan daring. Hal tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya spirit doll itu.

Dilansir dari bisnis.com, fenomena spirit doll sebenarnya telah ada sejak 2016, tetapi baru viral pada 2021. Spirit doll pertama kali dikenalkan oleh seorang penyiar radio asal Thailand, Mae Ning. Ia mengenalkan boneka miliknya bernama Child Angel atau Luk Thep yang menurutnya dihuni oleh arwah. Mae Ning menyatakan bahwa berinteraksi dengan boneka yang dihuni arwah tersebut bermanfaat baginya karena banyak mendatangkan keuntungan.

Luk Thep merupakan spirit doll yang telah dikenal lama di Thailand. Dilansir dari theculturetrip.com, Luk Thep dipercaya dihuni oleh roh halus yang mampu mendatangkan berbagai keberuntungan bagi pemiliknya. Meskipun demikian, pemiliknya juga harus bertanggung jawab untuk merawat Luk Thep layaknya manusia, seperti memberinya makan, mengenakannya pakaian, dan menghiburnya.

Kemunculan Luk Thep di Thailand dapat dijelaskan melalui berbagai versi. Dilansir dari 10ztalk.com, Luk Thep diyakini berawal dari rendahnya angka kelahiran di Thailand pada 2016. Hal tersebut membuat para wanita Thailand untuk mengadopsi Luk Thep, yang dipercaya dihuni oleh arwah bayi. Sementara itu penjelasan lain menyatakan bahwa kehadiran Luk Thep di Thailand berkaitan dengan kondisi perekonomian yang carut-marut pada 2016. Perekonomian yang carut-marut membuat masyarakat Thailand mencari pelarian dengan bermain Luk Thep.

Meskipun ada beberapa versi, kemunculan Luk Thep di Thailand umumnya dipercaya sebagai produk dari pertemuan beberapa kebudayaan sekaligus. Dilansir dari theculturetrip.com, pertemuan kebudayaan Budha, Hindu, dan Animisme diyakini sebagai akar munculnya Luk Thep. Sebab, kebudayaan tersebut erat dengan tradisi menyembah roh halus.

BANGKIT ADHI WIGUNA

Tinggalkan Balasan